Obat Kanker Paru Paru

Pengobatan kanker paru temasuk memutuskan pada yang terbaik untuk tumor yang ada berdasarkan stadium dan tipe sel dan kemampuan fisik penderita untuk menanggung pengobatan kanker yang optimal. Bedah hanya merupakan salah satu pilihan dengan potensi penyembuhan : Radioterapi dapat memberikan periode harapan hidup bebas penyakit untuk jangka cukup lama, tapi saat ini, bersama dengan kemoterapi merupakan pengobatan pembantu dan paliatif.

Secara historis, pneumonektomi total dianggap memberikan operasi optimal untuk kanker paru. Sebagaimana laporan menunjukkan bahwa prognosis tidak menurun dengan reseksi lebih kecil, maka lobektomi menjadi operasi pilihan bilamana cukup memungkinkan untuk mengangkat tumor primer. Evolusi serupa mengambil tempat yaitu dengan reseksi cabang bronkus atau segmental, dengan pengawasan tumor jangka pendek dan panjang.

pembedahan-kanker-paruGambaran tentang pembedahan kanker paru-paru

Pengobatan pasien kanker paru-paru biasanya mempertimbangkan aspek riwayat pasien, stadium kanker dan kondisi kesethatan umum paisen. Berikut ini akan dijelaskan beberapa pengobatan yang umumnya dilakukan pada penderita kanker paru-paru:

a. Tindakan pembedahan

Pembedahan dalam kanker paru-paru adalah tindakan pengangkatan jaringan tumor dan kelenjar getah bening di sekitarnya. Tindakan pembedahan biasnya dilakukan untuk kanker yang belum menyebar hingga ke jaringan lain di luar paru-paru. Pemebdahan biasanya hanya merupakan salah satu pilihan tindakan pengobatan pada NSCLC dan dibatasi pada satu bagian paru-paru hingga stadium IIIA.

b. Kemoterapi

Penderita SCLC terutama diobati dengan kemoterapi dan radiasi karena tindakan pembedahan biasanya tidak berpengaruh besar terhadap survival (kelangsungan hidup). Kemoterapi primer biasanya juga diberikan pada kasus NSCLC yang sudah bermetastasis atua menyebar.

c. Radioterapi

Tujuan dilakukannya radioterapi pada pasien kanker paru-paru adalah untuk mengecilkan tumor yang kemudian dilanjutkan dengan pembedahhan atau dilakukan pada kasus kanker paru-paru yang tidak dapat dioperasi.

Seringkali dilakukan terapi fotodinamik (PDT) untuk mengobati kanker paru-paru yang dapat dioperasi. Terapi ini berpotensi untuk mengobati tumor yang tersembunyi dan tidak terlihat pada pemeriksaan X-ray dada.

Target terapi biasa dilakukan untuk pengobatan kanke paru-pau pada stadium III dan IV yang tidak merespon pengobatan lain. Ada dua macam target yang paling umum digunakan, sebagai berikut :

1. Erlotinib (Tarceva)

Sel-sel kanker ditutupi oleh protein yang disebut EFGR (Epidermal Growth Factor Receptor). Protein ini membantu sel-sel kanker untuk membelah. Tarcceva bekeraja dengan tidak mengijinkan EFGR menisntruksikan sel-sel kanker untuk tumbuh. Tarceva dapat diberikan pada pasien NSCLC untuk memperpanjang harapan hidupnya.

2. Bevacizumab (Avastin)

Bevacizumad merupakan antibodi yang ditujukan untuk melawan protein yang membantu sel tumor membentuk pembuluh darah baru. Obat ini mampu memperpanjang kelangsungan hidup pasien NSCLC stadium lanjut. Biasanya obat ini diberikan sebagai kombinasi dengan kemoterapi kombinasi carboplatin dan paclitaxel. Bevacizumab biasa diberikan melalui infus intravena dan umumnya memiliki efek samping berupa perdarahan di bagian paru-paru.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Kanker Paru Paru and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>